nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 35 warga RW 02 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, mengikuti pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur

Kasimin (51), salah seorang warga menuturkan, pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran semacam ini sangat dibutuhkan oleh warga. Dalam kegiatan ini para warga diedukasi cara memadamkan api dengan karung basah maupun alat pemadam api ringan (APAR). Selain itu, para warga juga diedukasi mengenai pencegahan kebakaran akibat kosleting listrik dan kompor gas.

"Dalam pelatihan tersebut kami diberitahu cara penanggulangan kebakaran dan pencegahan kebakaran baik secara teori maupun praktek," tuturnya

Sekretaris RW 02 Kelapadua Wetan, Suparji, mengatakan, peserta pelatihan merupakan pengurus RT/RW, LMK, FKDM, kader Jumantik dan unsur masyarakat lainnya.

"Kami menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi kepada Sudin Gulkarmat Jakarta Timur atas pemberian pelatihan pencegahan dan penanggulan kebakaran," ujarnya.

Sementara, Plt Kasudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria menjelaskan, berharap dengan semakin banyak digelar pelatihan maka akan semakin banyak juga warga yang memahami cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Demikian, kebakaran yang terjadi di pemukiman warga dapat dikurangi," tandasnya.(pr/kj/al)